LEMBAR KERJA / WORKSPACE COREL DRAW

Creator

Hallo semuanya kali ini kita akan belajar dan mengenal bagian bagian dari Halaman Lembar Kerja atau Workspace CorelDRAW, karena saya menggunakan COREL Versi 2018 kita pelajari versi yang ini aja ya. Yang saya tau mulai dari Versi X5 ke atas tidak jauh berbeda paling ada sedikit beda pada lokasi menu sama beberapa fitur tambahan, kedepannya kita pelajari versi lainnya. Dibawah ini saya buat gambar dengan nomor penunjuk untuk setiap bagiannya 

Workspace CorelDRAW terdiri dari beberapa bagian utama yang dapat membantu kita dalam membuat desain grafis. Berikut adalah penjelasan mengenai setiap bagian workspace CorelDRAW:

  1. Menu Bar: Bagian ini berisi menu utama CorelDRAW seperti File, Edit, View, Layout, dan sebagainya. Kita dapat mengakses berbagai fungsi CorelDRAW melalui menu ini.
  2. Toolbar Menu: Bagian ini terdiri dari berbagai ikon yang mewakili fungsi-fungsi CorelDRAW yang umum digunakan, seperti Select, Rectangle, Ellipse, Text, dan sebagainya. Kita dapat memilih ikon-ikon ini untuk memulai atau mengubah objek yang sedang Kita kerjakan.
  3. Property Bar: Bagian ini berisi kontrol untuk mengatur objek yang sedang dipilih. Selain itu Property bar juga merupakan kontrol atau property dari Tools yang sedang kita gunakan. Contohnya adalah kontrol untuk mengubah ukuran, posisi, warna, font, dan sebagainya. Property Bar akan menyesuaikan diri dengan jenis objek yang sedang dipilih. Dalam kontrol Tools ketika kita pilih salah satu tools pasti akan terlihat perubahan property nya. 
  4. Document Tab : Bagian ini berisi kumpulan tab tab atau file file corel yang sedang terbuka. CorelDraw mendukung multi tasking dimana kita bisa mengerjakan beberapa projek dalan satu halaman aplikasi, selain itu pada bagian ini kita bisa melakukan perintah untuk membuat dokumen baru dengan menekan tombbol + di sebelah tab paling kanan .
  5. Rulers : Bagian ini adalah alat bantu untuk memudahkan Kita dalam menempatkan objek dengan presisi yang tinggi. Ruler berada di sepanjang sisi atas dan sisi kiri dan atas Drawing Window dan berfungsi untuk mengukur jarak antara objek.
    Baca Juga : Gambar Bitmap
    Baca Juga : Tentang Gambar Vector
  6. Toolbox: Bagian ini merupakan kumpulan tools yang terdiri dari berbagai alat yang berguna untuk membuat dan mengedit objek, seperti garis, kurva, bentuk, teks, dan sebagainya. Kita dapat memilih alat yang sesuai dengan tugas yang ingin Kita lakukan. dipostingan berikutnya kita pelajari apa aja tool tersebut dan fungsinya.
  7. Drawing Page : Bagian ini merupakan area gambar yang bisa kita gunakan sebagai patokan percetakan, misalkan kita mau mencetak dokumen corel secara langsung maka yang tercetak yang ada di area tersebut. Area selain Drawing page 
  8. Page Navigation : Pada bagian ini merupakan bagian yang menampung halaman halaman dari dokumen kita, default nya page hanya ada satu jika tidak tita tambah, cara menambah nya cukup menekan tombol + yang ada di sebelah tulisan Page, untuk pindah halaman kita klik panah disebelahnya. CorelDraw mendukung Multiple Page jadi kita bisa membuat banyak halaman dalam satu projek, misal kita membuat buku disini kita bisa melakukannya
  9. Color Document : Bagian ini merupakan kumpulan warna-warna yang dipakai pada dokumen kita hampir sama fungsinya dengan palette waran tapi yang ini merupakan kumpulan warna tertentu yang kita pakai di dalam projek kita.
  10. Pointer Status : Pada bagian ini merupakan informasi yang menampilkan kordinat kursor atau pointer kita setiap pergerakan pointer maka perubahannya akan terlihat disitu, titik nol nya ada pada bagian bawah dan samping kiri Drawing Page
  11. Docker: Bagian ini berisi panel-panel atau tab tools tambahan yang dapat membantu Kita dalam mengatur dan mengedit objek. Contohnya adalah panel Layers, panel Objects, dan panel Color panel Transformation. Jika belum ada Kita dapat menampilkan dan mengakses panel-panel ini melalui menu Window > Dockers. Atau untuk menambahkan tinggal klik tombol + dibagian bawah panel panel ini
  12. Docker Property : bagian ini merupakan bagian dari docker di poin sebelumnya disini kita melakukan pengaturan dan kontrol dari docker terpilih, setiap kita memilih docker property nya juga berubah.
  13. Color Palette: Bagian ini berisi berbagai pilihan warna yang dapat digunakan dalam desain kita. CorelDRAW menyediakan berbagai macam palet warna, termasuk palet warna dasar dan palet warna yang disesuaikan.

  14. Fill & Outline Setting : Bagian ini merupakan bagaian menu untuk menampilkan settingan Warna objek dan Warna outline dan settingan outline lainnya, selain disini kita bisa menampilkan menu settingan warna ini dari Toolbox.
  15. Drawing Window : Bagian ini adalah area kerja selain Drawing page di mana kita dapat membuat dan mengedit objek di area ini, dengan catatan tidak semua gambar di area drawing window bisa ke print kalau diluar Drawing Page. Drawing Window berisi grid yang membantu Kita dalam menempatkan objek dengan presisi yang tinggi. grid ini bisa kita tampilkan dan sembunyikan jika tidak kita gunakan. 

Semua bagian-bagian tersebut terintegrasi dengan baik, kita juga dapat mengatur ulang dan custom sesuai dengan kebutuhan kita. Dengan menguasai workspace CorelDRAW, kita dapat dengan mudah membuat desain grafis yang menarik dan profesional. BTW Drawing Window tiidak saya tandai jadi bagain putih selain Drawing page itu Drawing Windows. 
Sekian Semoga Bermanfaat.

Baca Juga : Tentang Font

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.