MENU EDIT COREL DRAW

Creator

Guys kita lanjutkan pembahasan menu yang ada pada masing masing Menu Bar, kali ini kita bahas Menu "Edit". Menu Edit pada CorelDRAW 2018 memiliki beberapa fungsi utama salah satunya untuk mengedit dan memanipulasi objek dan teks pada dokumen desain kita. Beberapa fungsi penting di antaranya adalah:

  1. Undo : Menu untuk membatalkan perintah terakhir yang telah dilakukan pada dokumen desain.
  2. Redo : Membatalkan pembatalan terakhir dan mengembalikan perubahan terakhir pada dokumen desain.
  3. Repeat : Menu untuk mengulang perintah terakhir yang di terapkan pada objek desain kita, perintah ini bisa kita terapkan ke objek yang berbeda juga.
  4. Undo Manager : Menu untuk menampilkan list perintah yang kita lakukan secara terurut jadi kita bisa membatalkan beberapa perintah terakhir secara langsung
  5. Cut : menu ini fungsinya hampir sama dengan menu copy bedanya kalau cut objek nya dibawa jadi objek inti nya hilang, biasa digunakan untuk memindahkan objek 
  6. Copy : Menu untuk Menyalin objek atau teks yang dipilih ke clipboard.
  7. Paste : Menu untuk  Menempelkan objek atau teks yang telah disalin atau di Cut dari clipboard ke posisi tertentu pada dokumen desain.
  8. Paste Special : Menu ini digunakan untuk menempelkan objek atau teks ke dokumen desain dengan opsi khusus, seperti teks mentah atau gambar bitmap.
  9. Delete (Del) : Menu Menghapus objek atau teks yang dipilih pad desain kita.
  10. Duplicate : Membuat salinan objek atau teks yang dipilih dan menempatkannya pada posisi yang sama dengan objek atau teks asli.
  11. Clone : Menu untuk memperbanyak objek kita dengan properti mengikuti objek inti, jadi ketika kita ubah properti objek intinya hasil cloningannya ikut berubah mengikuti objek inti.
  12. Copy Properties From : Menu ini dugunakan untuk mengambil properti dari objek lain
  13. Select All : Memilih semua objek atau teks pada dokumen desain.
  14. Find and Replace : Mencari dan mengganti property objek, mencari kata atau frase tertentu pada dokumen desain dan menggantinya dengan kata atau frase lain.
Note : Fungsi-fungsi tersebut belum semua di lakukan experimen ada beberapa yang masih berupa arti dari sumber-sumber lain, mohon di maklum jika ada penyampaian kalimat yang tidak pas dengan fungsinya. 

Demikianlah beberapa fungsi utama yang terdapat pada menu "Edit" pada CorelDRAW 2018. Menu selanjutnya kita bahas di postingan selanjutnya 

Post a Comment

Cookie Consent
We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.
Oops!
It seems there is something wrong with your internet connection. Please connect to the internet and start browsing again.
AdBlock Detected!
We have detected that you are using adblocking plugin in your browser.
The revenue we earn by the advertisements is used to manage this website, we request you to whitelist our website in your adblocking plugin.
Site is Blocked
Sorry! This site is not available in your country.